Mengapa Mesin Cuci Nyetrum?

Entah sudah berapa orang ibu-ibu yang mendatangi saya mengeluhkan mesin cucinya yang katanya 'nyetrum'. Sebenarnya bukan setrum aliran listrik langsung dari instalasi, tetapi hanya setrum akibat tidak ada grounding pada mesin cucinya. Pada dasarnya setrum induksi ini tidak berbahaya,karena sentakan arusnya hanya membuat kaget saja, 

Mungkin kita mengalaminya pada saat memasukkan atau mengambil pakaian,dengan sentuhan perlahan. padahal kalau menyentuhnya dengan gerakan langsung menekan,tidak akan mengalami sentakan ini. namun karena rata-rata pengguna mesin cuci merasa trauma,mungkin pernah kesetrum beneran,jadi tidak berani mengambil resiko meski kesetrum dari arus induksi yang kecil.

Penyebab mengapa mesin cuci bisa "menggigit", karena body mesin tidak dipasang grounding.

Apa itu grounding? Grounding adalah pentanahan,maksudnya body mesin cuci harus dihubungkan ke bumi.
Tentu ada tujuannya mengapa body mesin harus dihubungkan ke bumi,diantaranya agar mesin cuci aman dari kerusakan akibat petir,dan membuang tegangan induksi dari dinamo.

Bukan hanya mesin cuci yang harus digrounding,semua barang elektronik pun seharusnya harus digrounding.
Pihak pabrik sebenarnya telah menyediakan posisi untuk peng-grounding-an,untuk mesin cuci peng-grounding-an dapat dilakukan cukup dengan mencolok steker pada stop kontak. Ini tentu saja jika instalasi listrik rumah telah menyediakan kabel ground di instalasinya. Biasanya grounding telah tersedia pada steker yang berisi 3 kabel,seperti gambar dibawah ini:
Gambar steker ground

Lalu bagaimana jika steker mesin cuci hanya 2 kabel?
1.Jika mesin cuci menggunakan steker dengan 2 kabel,groundingnya disiapkan pada baut/mur dibelakang mesin bagian bawah. Cara memasang groundingnya,cukup lilitkan ujung kabel ke baut dan dikencangkan,lalu ujung satunya lagi dihubungkan ke grounding instalasi listrik,atau bisa juga ditanam di tanah (ground).

Bagaimana cara menanam kabel di tanah?
1.Pertama siapkan besi panjang +/- 1 meter,lilitkan kabel ground sekeliling besi,lalu tanam kedalam tanah.
Tanah yang akan ditanami kabel ini dianjurkan yang dilewati aliran air.
2.Tujuannya agar pembuangan arus "nakal" dari dinamo dapat terserap sempurna ke dalam bumi.
Kalau tidak ada besi,pakai saja paku ukuran 12 cm.

Lalu bagaimana kalau mesin cuci berada di lantai atas?
1.Biasanya penempatan mesin cuci dekat dengan sumber air atau kamar mandi,maka grounding dapat ditanam di lubang pembuangan air.
2.Jika merasa khawatir dengan efek setrum(meski tidak ada,karena tegangan induksi akan langsung menyerap ke bumi),sebaiknya perbaiki instalasi,dengan menambahkan kabel grounding untuk stop kontak.

Cara lain yang aman,adalah menggunakan steker seperti ini;


Gambar Steker saklar

Dengan menggunakan steker seperti diatas,setiap kali akan meletakkan atau mengambil pakaian,matikan saja saklar yang terdapat pada steker,dijamin aman dari "gigitan" sang mesin.

0 Response to "Mengapa Mesin Cuci Nyetrum?"

Posting Komentar