Komponen pada Kulkas (Lemari Es)

Kali ini Admin STS ingin menjelaskan beberapa komponen pada Kulkas. Kulkas adalah salah satu kebutuhan yang penting bagi masyarakat di zaman sekarang. Dalam rangkaian kulkas ata biasa disebut lemari es ini banyak sekali jenis-jenis komponen yang harus anda tahu, berikut ini beberapa komponen pada kulkas yang paling umum terdapat pada kulkas:

  1. Kompresor
  2. Kondensor
  3. Filter
  4. Evaporator
  5. Thermostat
  6. Heater
  7. Fan motor
  8. Overload motor protector
  9. Refrigerant atau Bahan Pendingin
Berikut ini penjelasan tentang Beberapa komponen pada Kulkas diatas:

1.Kompresor








Kompresor merupakan bagian yang sangat penting pada kulkas, kompresor di ibaratkan sama dengan jantung manusia yang fungsinya untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Begitu juga dengan fungsi kompresor pada kulkan, yang berfungsi untuk memompa bahan pendingin kesemua bagian kulkas .

2.Kondensor








Kondensor adalah alat untuk penukar kalor yang mengubah wujud gas pada bahan pendingin suhu dengan tekanan tinggi menjadi wujud cairan. dan Jenis kondensor yang banyak sekali digunakan untuk komponen kulkas pada saat ini adalah kondensor tipe pendingin udara. Yang dimanfaatkan sebagai sistem refrigrasi pada ukuran kulkas kecil maupun sedang. Kondensor ini memiliki bentuk yang sangat sederhana dan tidak memerlukan lagi perawatan khusus. di saat lemari es atau kulkas bekerja maka kondensor akan terasa hangat bila kita pegang.

3.Filter








Filter atau saringan berguna untuk menyaring kotoran yang mungkin saja terbawa pada aliran bahan pendingin setelah melakukan sirkulasi. Sehingga tidak akan bisa masuk kedalam kompresor serta pipa kapiler. Selain itu, bahan pendingan yang disalurkan pada proses berikutnya akan lebih bersih sehingga dapat menyerap kalor lebih baik (maksimal).

4.Evaporator








Evaporator berfungsi untuk menyerap panas dari benda yang di masukkan ke dalam lemari es. Selanjutnya evaporator akan menguapkan bahan pendingin yang berfungsi untuk melawan panas dan mendinginkannya. Sesuai dengan fungsinya bahwa evaporator adalah salah satu alat penguap pada bahan pendingin agar lebih efektif untuk menyerap panas serta menguapkan bahan pendingin, evaporator ini dibuat dari bahan logam anti karat, yaitu tembaga dan juga almunium.

5.Thermostat








Thermostat berfungsi untuk mengatur kerja kompresor secara otomatis berdasarkan batasan suhu  setiap bagian pada kulkas. Thermostat biasanya disebut juga saklar otomatis yang bekerja berdasarkan aturan suhu. Jika suhu evaperator sesuai dengan aturan suhu thermostat, maka secara otomatis thermostat akan memutuskan listrik pada kompresor.

6.Heater








Heater berfungsi untuk mencairkan bunga es yang terdapat pada evapurator. Selain itu Heater dapat mencegah terjadinya penimbunan bunga es pada bagian rak kulkas serta rak penyimpan buah yang berada di bawah rak es.

7.Fan motor








Fan motor atau kipas angin berfungsi untuk menghembuskan angin . dan pada kulkas ada dua jenis kipas angin yaitu:

1. Fan motor evaporator
Fan Motor ini berfungsi untuk menghembuskan udara dingin dari evaporator ke seluruh bagian rak.

2. Fan motor kondensor
Kipas angin ini biasanya diletakkan pada bagian bawah kulkas yang mempunyai kondensor berukuran kecil. Kipas angin ini berfungsi untuk mengisap atau mendorong udara melalui kondensor serta kompresor. Selain itu berfungsi fan motor kondensor ini juga untuk mendinginkan kompresor. 

8.Overload motor protector








Overload motor protector adalah salah satu komponen pada kulkas yang berfungsi untuk pengaman yang letaknya menyatu terminal kompresor. Prinsip kerjanya sama dengan sekering untuk menyambung dan memutus arus listrik.

9.Refrigerant Khusus Kulkas








Refrigerant adalah salah satu zat yang mudah untuk mewujudkan dari zat gas menjadi zat cair, atau bahkan sebaliknya. Perlu di ketahui bahwa setiap jenis dari bahan pendingin memiliki karakter yang berbeda.


Terimakasih,Semoga bermanfaat.

0 Response to "Komponen pada Kulkas (Lemari Es)"

Posting Komentar