Memperbaiki PCB Ac Split Konslet (Tersambar Petir)

Selamat pagi, kali ini saya mau posting tentang Memperbaiki PCB Ac Split Konslet (Tersambar Petir). Sedikit cerita tentang masalah ini, awalnya AC dalam posisi mati tapi entah kenapa tiba-tiba ada petir yang menyambar di sekitar rumahnya. dan ketika AC mau di hidupkan tapi tidak hidup sama sekali.


Dan benar dugaan saya ternyata ada yang konslet di sekitar PCBnya, Fuse putus, Trafo terbakar dan ICnya konslet. Dibawah ini ada beberapa gambar PCB tersebut.




Untuk memperbaikinya cukup membeli FUSE, Trafo dan IC.

Caranya:
1.Ganti FUSE dengan yang baru
2.Ganti Trafo (Cocokan Trafo dengan PCB, Biasanya beda-beda)
3.Ganti IC kaki 4. (Untuk mengetahui posisi IC yg satu ini biasanya IC berdekatan/satu jalur dengan Trafo dan dioda kalau bingung cari IC kaki 4 disekitar kapasitor FAN. IC yang satu ini mempunyai (-) & (+). IC ini Aga besar dari IC yg lain)

Untuk ke 3 seperti FUSE, Trafo dan IC biasanya sudah dipastikan rusak.  Masih belum percaya? Coba anda test, pasang FUSE baru dan kemudian colok kabel power PCB ke stop kontak. Pasti listriknya turun. dan FUSE pasti putus. Jika tidak mau turun coba anda pasang lagi FUSE baru dan lepaskan ICnya atau TRAFOnya dijamin tidak akan turun atau jepret.

Dan sekarang sudah jelas, Hal ini disebabkan karena ICnya sudah rusak atau konslet. Mau di test? Oke, Lepaskan IC dari PCB lalu test satu per satu ke kaki ICnya menggunakan multitester jika ada yang tersambung berarti IC rusak tapi jika tidak berarti ICnya masih baik. kalau begitu berarti TRAFOnya yang rusak.


Lihat Tutorial Pemasangannya.





16 Responses to "Memperbaiki PCB Ac Split Konslet (Tersambar Petir)"

  1. Cari ICnya kira-kira dimana ya mas? saya sudah tanya ditoko AC tapi di ada. tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli lewat online saja pak, kalau boleh tau ICnya seri berapa ya? PCBnya merk apa? trims

      Hapus
  2. Recommended banget nih, saya percayai sekar tejo mampu memperbaiki segala kerusakan ac ditoko saya. thanks

    BalasHapus
  3. Kira2 untuk service seperti ini (AC tersambar petir) ongkosnya berapa ya mas

    BalasHapus
  4. Ac split saya kalau dihidupin dan setelah beberapa menit tiba tiba listrik rumah mati. Kenapa ya? Apanya yg rusak

    BalasHapus
  5. Kira kira service ac kesambar petir berapa ya

    BalasHapus
  6. Ac saya tersambar petir lalu dihidupkan tidak menyala apa masih bisa di service??? Ac merk panasonic 1/2pk. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terjadi kerusakan pada modul. silahkan hubungi 089670357679 (Wa) untuk perbaikan modul ac nya

      Hapus
  7. AC sya gak dingin,,setalah ad petir AC menjadi gak normal ,AC menyala tapi gak dingin,,mohon solusinya

    BalasHapus
  8. kemaren siang meteran depan rumah saya di samber petir sampe gosong. AC dalam kondisi mati saat petir menyambar tp skrg mati total. knp yah? apakah AC bisa diperbaiki?

    BalasHapus
  9. Kira kira brp yaa mas ganti semuanya soalnya AC saya kemarin tiba tiba mati pas habis ada petir lampu timer langsung nyala .

    BalasHapus
  10. AC saya kena petir,mati total,kira2 biaya servisnya berapa ya

    BalasHapus